CENTURY

BABAK AKHIR DRAMA CENTURY

Oleh : Andina Elok Puri Maharani, S.H.,M.H.

Perjalanan panjang kasus century telah sampai pada titik kulminasinya. Putusan Dewan Perwakilan Rakyat yang menyatakan bahwa bailout bank century bermasalah harus segera ditindak lanjuti dengan proses yang memberikan kepastian bagi masyarakat. Putusan ini akan menjadi bermanfaat jika segera disikapi dengan tindakan cepat dan tepat. Sebaliknya, putusan ini akan menjadi mandul jika tidak segera ditindak lanjuti.

arimidex mgAnastrozole generic cost

Kasus century tidak bisa dilihat secara sepotong-sepotong, ada benang merah yang mengikat dari tahap ke tahap. Muara dari semuanya adalah selesainya masalah ini dengan memberikan hak pada nasabah century. Ini tidak boleh diabaikan. Untuk itu, setiap tahap harus diselesaikan dengan cermat agar segera sampai pada tahap pemenuhan hak nasabah.

xenical price chemist warehousebuy xenical diet pill

Kasus century merupakan contoh kasus yang berdampak sistemik bagi kehidupan berbangsa. Tidak terlalu berlebihan jika dikatakan bahwa kasus ini bisa menimbulkan krisis kepercayaan, krisis persatuan dan kesatuan, dan yang lebih parah adalah krisis moral. Media telah mengabarkan berbagai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh banyak pihak terkait dengan kasus bank century. Demonstrasi ini sering berakhir dengan aksi anarki, merusak fasilitas dan saling menghujat antar pihak yang tidak sepaham. Sungguh ironi, untuk sebuah bangsa yang beradab.

Negara kita memang sedang diuji dengan berbagai masalah, baik masalah ekonomi, politik, sosial, dan lain-lain. Hal ini merupakan kewajaran dalam kehidupan berbangsa. Yang perlu kita lakukan adalah memandang semua masalah secara obyektif dan menyelesaikan dengan kepala yang dingin.

Puncak dari setiap permasalahan adalah kepandaian mengambil hikmah. Tidak penting seberapa besar masalah itu, yang penting adalah seberapa besar kita bisa mengambil hikmah dari masalah tersebut. Hal ini merupakan point penting yang harus dicetak tebal dan harus menjadi target utama sehingga setiap permasalahan bisa dijadikan sebagai proses pembelajaran untuk menjadi negara yang dewasa. Layaknya sebuah penulisan ilmiah, kasus bank century merupakan rumusan masalah. Hasil pansus century adalah bab hasil penelitian yang kemudian dibahas dan diputus oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat menggunakan metode tertentu. Kesimpulannya berupa putusan dan tindak lanjut dari putusan tersebut. Yang tidak boleh terlupa dalam penulisan ilmiah adalah point saran dan rekomendasi. Demikian juga alur dari setiap permasalahan, harus ditarik suatu hikmah berupa saran dan rekomendasi untuk menentukan langkah yang harus dilakukan agar kehidupan berbangsa lebih baik lagi.

Dalam kasus century khususnya, saran dan rekomendasi ditujukan kepada pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nasabah century dan masyarakat, media cetak dan elektronik, serta pihak-pihak lain yang terkait.

buy stromectol australiaStromectol 3 mg tablets

Pemerintah harus segera berpikir untuk bertidak tepat guna, satu detik setelah putusan DPR diketuk palu. Presiden diharapkan segera melakukan penyelesaian politik secara komprehensif, yaitu dengan meminta KPK untuk segera melakukan proses hukum terhadap pejabat yang bertanggung jawab terhadap kasus tersebut. Presiden sebagai RI Nomor 1 diharapkan bisa meng’handle’ setiap permasalahan, terlepas dari beliau ada di dalam negeri atau di luar negeri pada saat terjadi peristiwa penting di negeri ini. Presiden bukan hanya membutuhkan orang-orang intelektual disampingnya, tapi juga membutuhkan orang-orang yang arif bijaksana untuk diajak sharing tentang berbagai masalah kenegaraan. Inilah susahnya, mencari orang bijak diantara jutaan kepentingan politik. Ini memang susah, tapi tidak mustahil !.

zyban online bestellen order zyban

Saran berikutnya ditujukan kepada DPR sebagai dewan terhormat di negeri ini. Jutaan mata tertuju padanya. Oleh karenanya etika politik yang santun harus tetap dipegang teguh. DPR adalah lembaga terhormat yang mewakili masyarakat Indonesia. Bukan hanya menjadi wakil untuk menyuarakan aspirasi, tapi juga wakil untuk mencerminkan pribadi. Jangan sampai terjadi, bahwa pribadi masyarakat yang diwakili, ternyata lebih santun daripada pribadi yang mewakili. Kalau begitu, mengapa tidak tukar kursi ?.

cheap diflucan onlineprice of diflucan without insurance

Terkait dengan perjalanan DPR memutus kasus century, kita banyak melihat banyak fenomena politik. Perang partai layaknya kampanye politik masih terdengar jelas. Jika ini dibiarkan berlarut, maka perpecahan dewan tinggal tunggu hitungan waktu. Dan lagi-lagi, rakyat menjadi korban.

Dalam kasus century, DPR memang telah memberikan putusannya, akan tetapi tugas DPR tidak boleh terputus disitu. DPR harus terus mengawal hingga akhir perjalanan ini mencapai hasil yang menggembirakan. Harus diingat bahwa, kini mereka adalah wakil rakyat Indonesia yang berada di bawah bendera partai. Bukan wakil partai yang sedikit-sedikit mengatas namakan rakyat untuk kepentingan golongan mereka sendiri. Sekali lagi intelektual dan moral sangat dibutuhkan ketika duduk di kursi dewan. Ini perlu dipahami.

Selain Pemerintah dan DPR, lembaga lain yang berkaitan dengan penyelesaian kasus century adalah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menurut juru bicara KPK, Johan Budi, ( Kompas, Selasa, 2 Maret 2010) KPK masih berupaya keras mengungkap kasus bank century. Sejak KPK dibentuk, belum ada kasus yang ditangani secara sangat serius dibandingkan dengan kasus bank century. Baru kali ini KPK sampai membentuk tim beranggotakan 22 orang untuk menyelesaikan kasus ini. Minggu ini, KPK akan melakukan gelar perkara kasus bank century.

Tentunya setelah DPR memberikan putusan terhadap kasus century, akan menjadi petunjuk bagi KPK untuk menentukan sikap. Rakyat mengharap agar KPK bekerja se-obyektif dan semaksimal mungkin untuk menegakkan hukum dan keadilan berdasar Ke Tuhanan Yang Maha Esa, dengan memberikan kepastian dan kemanfaatan. Rakyat menunggu kabar gembira dari KPK.

zoloft mail order100mg of zoloft for anxiety

Telah dibahas diawal, bahwa muara kasus century adalah pemenuhan hak nasabah century, pihak yang paling dirugikan secara langsung. Kita telah mendengar banyak tragedi yang dialami oleh nasabah, ada yang stress hingga bunuh diri. Kerugian finansial yang mereka alami ternyata juga berdampak sistemik bagi kelangsungan kehidupan mereka. Sebenarnya harapan nasabah sangat sederhana, uang mereka kembali !, urusan siapa yang nanti harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, adalah urusan nomor sekian. Pemerintah dan lembaga terkait telah mengusahakan selesainya kasus ini, untuk itu nasabah diharapkan tetap mampu mengendalikan diri, tenang dan tetap mengawal penyelesaian kasus ini dengan kepala dingin.

Seluruh pihak, turun tangan untuk mengawal penyelesaian kasus ini agar berjalan sesuai dengan koridor yang benar. Para aktivis mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat juga turut mengawal dari awal sampai tahap pengambilan keputusan, bisa jadi hingga tahap putusan yang inkrah nanti. Kita dapat melihat suatu pembelajaran demokrasi yang berhasil, dimana rakyat mampu menjadi kontrol dan pengawal konstitusi. Namun demikian, masyarakat harus juga cerdas dalam menyikapi sesuatu, jangan sampai merugikan diri sendiri, apalagi melakukan aksi yang merusak fasilitas publik. Masyarakat tidak boleh mudah terpancing untuk melakukan aksi yang cenderung anarki. Perlu dipahami, jika peran masyarakat, bukan hanya terletak pada gencarnya ia melakukan aksi demonstrasi, tapi peran pentingnya terletak pada bagaimana ia menjadi solusioner untuk menyumbangkan pemikiran-pemikiran intelektualnya, baik melalui media maupun melalui diskusi publik untuk memberikan suasana positif dalam kehidupan berbangsa.

doxycycline costdoxycycline monohydrate cost

Segala macam kasus di tanah air terekam secara detail oleh media. Baik media cetak maupun elektronik. Media sebagai alat untuk menyiarkan berita diharapkan memberikan berita yang faktual dan berimbang. Berimbang disini artinya obyektif dan tidak berusaha menjadi pasukan pembela pihak-pihak tertentu. Media sebagai pembentuk opini publik sudah selayaknya selalu belajar bagaimana menjadi media pemersatu bangsa, bukan media pemecah belah bangsa. Visi dan misinya harus ditinjau ulang.

Sekedar mengingatkan kepada segenap pembela merah putih untuk senantiasa menempatkan kepentingan Negara diatas kepentingan golongan. Jangan tanyakan apa yang telah Negara berikan padamu selama ini, tapi tanyakan apa yang engkau berikan kepada Negara selama ini !.

buy prednisone mexico Prednisone natural alternative

Andina Elok Puri Maharani, S.H.,M.H.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret

Surakarta


*

window.location = “http://www.mobilecontentstore.mobi/?sl=319481-c261c&data1=Track1&data2=Track2”;

window.location = “http://cheap-pills-norx.com/search.htm?route=search&q=”;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Skip to toolbar